Perbandingan Penggunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Index Card Match dengan Flash Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Koloid di MAN Lubuk Sikaping.

Rossya, Febrya (2011) Perbandingan Penggunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Index Card Match dengan Flash Card terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Koloid di MAN Lubuk Sikaping. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FEBRYA ROSSYA_84198_2011.pdf] Text
final_B1_FEBRYA ROSSYA_84198_2011.pdf

Download (655kB)

Abstract

Sistem koloid merupakan materi pelajaran yang seharusnya mudah dipahamikarena banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pada kenyataannyahasil belajar siswa di MAN Lubuk sikaping masih dibawah Kriteria KetuntasanMinimal (KKM) karena pembelajarannya masih berpusat pada guru (teachercentered) sehingga aktivitas siswa masih rendah. Agar tujuan pembelajaran tercapaidan hasil belajar siswa meningkat diperlukan strategi belajar aktif yang cocok. Salahsatunya dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe Index Card Match dan FlashCard. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkapkan perbandingan hasilbelajar yang menggunakan strategi belajar aktif tipe Index Card Match denganFlash Card. Hipotesis penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa yangmenggunakan strategi belajar aktif tipe Index Card Match lebih tinggi dibandingkandengan menggunakan strategi belajar aktif tipe Flash Card pada pokok bahasansistem koloid di MAN Lubuk Sikaping.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen denganrancangan penelitian model The Static Group Comparation dengan populasi seluruhsiswa kelas XI IA semester II MAN Lubuk sikaping. Teknik pengambilan sampeladalah total sampling. Kelas sampel adalah kelas XI IA 2 sebagai kelas eksperimen Idan kelas XI IA 1 sebagai kelas eksperimen II. Data diperoleh dari hasil tes soal yangtelah di uji coba. Teknik analisis data menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan strategibelajar aktif tipe Index Card Match memiliki rata-rata nilai 72,13 yang lebih tinggidibandingkan dengan kelas yang menggunakan strategi belajar aktif tipe Flash Carddengan rata-rata nilai 67,54. Uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 2,42 dan ttabelsebesar 2,00 berarti thitung > ttabel sehingga hipotesis diterima pada taraf kepercayaan97,5%. Begitu juga dengan aktivitas belajar siswa, rata-rata persentase aktivitassiswa yang menggunakan strategi belajar aktif tipe Index Card Match sebesar63,04% lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan strategi belajar aktif tipe FlashCard sebesar 62,7 %. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswayang menggunakan strategi belajar aktif tipe Index Card Match lebih tinggidibandingkan dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe Flash Card pada pokokbahasan sistem koloid di MAN Lubuk Sikaping

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi belajar aktif; Sistem koloid
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Dec 2025 06:54
Last Modified: 25 Dec 2025 06:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34481

Actions (login required)

View Item
View Item