Pengaruh LKS Berorientasi Kecakapan Generik Sains dalam Model Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kec. Payakumbuh.

Tessa, Febriola (2011) Pengaruh LKS Berorientasi Kecakapan Generik Sains dalam Model Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kec. Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FEBRIOLA TESSA-86288-2011.pdf] Text
final_B1_FEBRIOLA TESSA-86288-2011.pdf

Download (172kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena keaktifan dan interaksibelajar siswa kurang. Siswa tidak terbiasa untuk bersikap kritis dalam memahamimateri yang dipelajari serta berinteraksi dengan berbagai sumber belajar, temanmaupun guru. Hal ini akan berpengaruh terutama kepada kecakapan berpikirnyayang merupakan bagian dari kecakapan generik Sains. Maka untuk meningkatkankeaktifan dan interaksi siswa digunakan LKS yang berorientasi KecakapanGenerik Sains dalam model Think Pair Share sehingga dapat meningkatkankeaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuanmengetahui pengaruh penggunaan LKS berorientasi Kecakapan Generik Sainsdalam model Think Pair Share terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas VIIISMPN 1 Kec. Payakumbuh pada ranah kognitif dan afektif.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi ExperimentalResearch) dengan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalampenelitian ini adalah semua siswa pada kelas VIII SMPN 1 Kec. Payakumbuhyang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011. Kelas sampel ditentukan melaluiteknik Cluster Random Sampling. Alat pengumpulan data penelitian berupa testertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif. Teknik analisisdata penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif danranah afektif.Dari analisis data dapat dikemukakan dua hasil penelitian ini. Pertama,nilai rata-rata siswa menggunakan LKS berorientasi kecakapan generik Sainsdalam model Think Pair Share pada ranah kognitif 69,07 dan pada ranah afektif72,70. Kedua, penggunaan LKS berorientasi Kecakapan Generik Sains dalammodel Think Pair Share memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajarFisika siswa baik pada ranah kognitif maupun pada ranah afektif

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GENERIK SAINS, HASIL BELAJAR FISIKA, SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Dec 2025 15:16
Last Modified: 25 Dec 2025 15:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34478

Actions (login required)

View Item
View Item