Kemampuan Siswa untuk Mengelola Emosi Secara Cerdas.

Dewita, Febrina (2011) Kemampuan Siswa untuk Mengelola Emosi Secara Cerdas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FEBRINA_DEWITA_79093_718_2011.pdf] Text
final_B1_FEBRINA_DEWITA_79093_718_2011.pdf

Download (154kB)

Abstract

Mengelola emosi merupakan kemampuan untuk menahan gejolak perasaanyang dapat mengatur perasaan yang muncul kearah yang baik. Dalam kenyataanyamasih banyak siswa yang belum mampu untuk mengelola emosi, sehingga ditemuisiswa yang takut tidak diikutsertakan dalam kelompok, tidak bisa menerimakelebihan orang lain, tidak peduli dengan teman di dalam kelas. Penelitian inibertujuan mengungkap bagaimana kemampuan siswa untuk mengelola emosi secaracerdas di lihat dari aspek mengenali emosi, mengendalikan emosi, meredakan emosi,dan mengungkapkan emosi.Penelitian ini berbentuk deskriptif yaitu menggambarkan bagaimanakemampuan siswa dalam mengelola emosinya. Populasi penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas XII SMA N 2 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011.Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan menggunakan rumusTaro Yamane, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas XII yang berjumlah72 orang. Alat pengumpulan data berupa angket berskala yang mengukurkemampuan siswa untuk mengelola emosi secara cerdas. Data yang diperolehdianalisis dengan menggunakan teknik persentase.Temuan penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas XII SMA N 2Pariaman untuk mengelola emosi berkenaan dengan: 1) Secara keseluruhanmengenali emosi dikategorikan kurang baik dengan persentase 50%, 2)Mengendalikan emosi secara keseluruhan dikategorikan cukup baik denganpersentase 52,05%, 3) Meredakan emosi secara keseluruhan dikategorikan cukupbaik dengan persentase 49,9% dan 4) Mengungkapkan emosi secara keseluruhandikategorikan cukup baik dengan persentase 52,8%. Berdasarkan hasil penelitiandisarankan kepada guru pembimbing agar membekali siswa dengan kemampuanmengelola emosi dan latihan-latihan penenangan emosi, sehingga dapat membantusiswa dalam menghadapi perkembangan yang dialaminya serta dapat menjalanikehidupan secara positif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EMOSI, CERDAS, KEMAMPUAN SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 18:54
Last Modified: 24 Dec 2025 18:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34455

Actions (login required)

View Item
View Item