Peningkatan Kompetensi Belajar Biologi Siswa Menggunakan Discovery Learning Berbantuan Multimedia Kelas XI MIA 2 SMAN I Pangkalan Kerinci

Lindwati, Lindawati (2016) Peningkatan Kompetensi Belajar Biologi Siswa Menggunakan Discovery Learning Berbantuan Multimedia Kelas XI MIA 2 SMAN I Pangkalan Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_LINDAWATI_1210000_6651_2016.pdf] Text
final_03_LINDAWATI_1210000_6651_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi belajar biologi siswa baik pada aspek pengetahuan, sikap serta, keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatan kompetensi belajar siswa kelas XI MIA 2 pada aspek pengetahuan, sikap, serta keterampilan melalui penerapan pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan multimedia.. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang diawali dengan melakukan refleksi awal sebelum siklus satu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 34 orang. Data kompetensi sikap diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar observasi sikap yang meliputi sikap beriman, rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, serta kerjasama. Data kompetensi keterampilan diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar pengamatan tes praktik, serta data pengetahuan dari nilai tes di akhir siklus. Hasil penelitian diperoleh terdapat peningkatan kompetensi siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan model discovery learning berbantuan multimedia. Peningkatan nilai rata-rata kompetensi sikap dari prasiklus ke siklus satu sebesar 0,71 dan dari siklus satu ke siklus dua sebesar 0,18. Nilai rata-rata kompetensi keterampilan meningkat dari prasiklus ke siklus dua meningkat sebesar 0,95. Jumlah siswa yang tuntas pada prasiklus sebanyak 16 orang (47,06 %), dan meningkat menjadi 22 orang (64,70 %) pada siklus satu serta meningkat menjadi 30 orang (88,24 %) pada siklus dua. Peningkatan kompetensi belajar disebabkan adanya keterlibatan siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar, sebab ia berpikir dan menggunakan kemampuan untuk menemukan hasil akhir, mengembangkan belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang akan diperoleh akan tahan lama dalam ingatan, tidak mudah dilupakan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan discovery learning yang berbantuan multimedia dapat meningkatan kompetensi belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QK Botany
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 20 Dec 2025 19:48
Last Modified: 20 Dec 2025 19:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34405

Actions (login required)

View Item
View Item