Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Ekologi dan Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Kompotensi dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Semester II.

Rahmi, Lailatul (2017) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Ekologi dan Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Kompotensi dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Semester II. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_LAILATUL_RAHMI_15177060_1289_2018.pdf] Text
final_03_LAILATUL_RAHMI_15177060_1289_2018.pdf

Download (672kB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan peserta didik, diperoleh gambaran bahwa penggunaan LKPD biologi yang digunakan saat kegiatan pembelajaran belum maksimal membantu untuk memenuhi tuntutan kurikulum 2013. LKPD biologi sudah memiliki gambar, namun masih minim dan tidak berwarna, sehingga kurang menarik bagi peserta didik. Selain itu, LKPD biologi belum mengarahkan peserta didik untuk belajar secara aktif dan sistematis dengan mengintegrasikan pendekatan yang sesuai. Soal evaluasi yang terdapat dalam LKPD biologi belum mengasah keterampilan berpikir kritis peserta didik karena masih berkisar antara C1-C3. Dalam menyikapi masalah tersebut maka dikembangkan LKPD biologi dengan pendekatan inkuiri pada materi ekologi dan perubahan lingkungan. Inkuiri dipilih karena kegiatan dalam pembelajaran inkuiri dapat memacu keaktifan dan keterampilan berpikir peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model IDI. Tahap pengembangan ini terdiri dari tahap pendefinisian, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validitas oleh dosen dan guru, lembar praktifalitas oleh guru dan peserta didik, lembar observasi yang digunakan observer untuk menilai afektif, lembar penilaian psikomotor, serta soal kognitif dan essay untuk menilai kompetensi kognitif dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil validasi ahli terhadap pengembangan LKPD biologi dengan pendekatan inkuiri memperoleh nilai yang sangat valid. Kategori sangat valid yang diberikan oleh pakar berdasarkan aspek konstruksi, kelayakan isi, teknis, dan bahasa. Hasil penilaian praktikalitas yang dinilai oleh guru dan peserta didik diperoleh LKPD biologi dengan pendekatan inkuiri yang sangat praktis. nilai sangat praktis yang di berikan oleh guru dan peserta didik berdasarkan kemudahan penggunaan, penyajian, dan efisiensi. LKPD biologi dengan pendekatan inkuiri yang dikembangkan memiliki kriteria sangat efektif. LKPD biologi dengan pendekatan inkuiri mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kategori tinggi. LKPD biologi dengan pendekatan ikuiri juga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kompetensi afektif peserta didik yang dinilai oleh para observer berada pada kategori sangat baik serta kompetensi psikomoptor peserta didik berada pada kategori sangat efektif. LKPD biologi dengan pendekatan dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan LKPD biologi dengan pendekatan inkuiri yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Materi Ekologi dan Perubahan Lingkungan, Peningkatkan Kompotensi
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 20 Dec 2025 20:01
Last Modified: 21 Dec 2025 06:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34402

Actions (login required)

View Item
View Item