Heriani, Revi (2014) Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Kartika 1-5 Padang Tahun Pembelajaran 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_REVI_HERIANI_56379_4835_2014.pdf
Download (712kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana: (1) Pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Kartika 1-5 Padang. (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Kartika 1-5 Padang. (3) Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Kartika 1-5 Padang. (4) Pengaruh kepercayaan diri, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Kartika 1-5 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Jumlah populasi sebesar 321 orang siswa dan jumlah sampel sebanyak 178 orang siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner, dokumentasi, dan obaservasi. Data yang analisis diperoleh dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji multikolinearitas, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, 2) Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, 3) Disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, 4) Kepercayaan diri, Motivasi belajar, Disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Kartika 1-5 Padang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada pihak sekolah dan orang tua siswa agar lebih memperhatikan perkembangan sikap siswa, dalam menjalankan aturan-aturan yang telah ditetapkan dengan sebaik mungkin serta menindaklanjuti siswa-siswa yang bermasalah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Selain itu diharapkan kepada siswa untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam bertindak, melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik mungkin agar dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI |
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 15:37 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 15:37 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34330 |
