Hubungan Komunikasi Siswa dengan Guru dan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMAN 4 Kerinci.

Mareta, Santi (2012) Hubungan Komunikasi Siswa dengan Guru dan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMAN 4 Kerinci. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_SANTI_MARETA_84456_3440_2012.pdf] Text
final_B1_1_SANTI_MARETA_84456_3440_2012.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data, informasi dan membahas
hubungan komunikasi siswa dengan guru dan keluarga terhadap hasil belajar
geografi di SMAN 4 Kerinci. Mengajukan variabel bebas : 1) Komunikasi siswa
dengan guru (X1), 2) Komunikasi siswa dengan keluarga (X2), dan variabel
terikat, 3) Hasil belajar geografi (Y)
Jenis penelitian yang digunakan deskriptif korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 4 Kerinci yang berjumlah
125 orang. Jumlah populasi dalam penelitian ini lebih dari 100, maka penarikan
sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik proporsional random
sampling sebesar 25%, yang semuanya berjumlah 32 siswa. Data penelitian
dikumpulkan dengan angket model skala likert yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi sederhana
(Pearson Product Moment) dan regresi linier ganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara bersama-sama, pencapaian
skor hasil belajar sebesar 71,41% (cukup baik), komunikasi siswa dengan guru
sebesar 71,43% (cukup baik) dan komunikasi siswa dengan keluarga sebesar
64,96% (kurang baik). Kontribusi variabel komunikasi siswa dengan guru sebesar
35,70% terhadap hasil belajar geografi dan kontribusi variabel komunikasi siswa
dengan keluarga sebesar 3,70% terhadap hasil belajar geografi. Secara bersamasama,
hubungan komunikasi siswa dengan guru dan komunikasi siswa dengan
keluarga terhadap hasil belajar geografi adalah sebesar 35,90%. Simpulan
penelitian ini adalah komunikasi siswa dengan guru dan komunikasi siswa dengan
keluarga merupakan dua variabel yang perlu diperhatikan di samping variabel
lainnya dalam upaya peningkatan hasil belajar geografi di SMAN 4 Kerinci.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Siswa dan Guru, Hasil belajar geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 16:17
Last Modified: 24 Dec 2025 16:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34308

Actions (login required)

View Item
View Item