Irdawati, Azian (2022) Efektivitas Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Pemecahan Masalah Konseptual Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AZIAN_IRDAWATI_17124079_6755_2022.pdf [thumbnail of B1_1_AZIAN_IRDAWATI_17124079_6755_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_AZIAN_IRDAWATI_17124079_6755_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi belum terlaksananya pembelajaran yang
konkret dan efektif berdasarkan kurikulum 2013 serta pemilihan pendekatan
pembelajaran yang belum sesuai dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk membuktikan apakah pendekatan RME berpengaruh terhadap pemecahan
masalah konseptual siswa di SDN 01 Matua, Kabupaten Agam. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dalam bentuk SSR. Desain pada penelitian ini
yaitu A-B-A. Pada desain A-B-A terdapat 3 kondisi yaitu Baseline (A1), Internevi
(B) dan Baseline (A2).Subjek penilitian yang digunakan yaitu subjek tunggal
seorang siswa kelas IV sdn 01 Matua, Kabupaten Agam. Data dikumpulkan
dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang
dianalisis dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar
kondisi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil Basline (A1) 41%, 50%,
50% dan 50%. Intervensi (B) diperoleh 58%, 66% 75%, 83%, 85%, 91%, 91%,
100%, 100%, 100%. Baseline (A2) diperoleh 50%, 58%, 58% dan 58%. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME efeltif terhadap pemecahan
masalah konseptual siswa kelas IV SDN 01 Matua, Kabupaten Agam. Hal ini
dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan terhadap pemahaman konseptual
siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 06:57 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 06:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3429 |