Handayani, Febrifera (2011) Pengaruh Penggunaan Modul tentang Virus dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Semester 1 SMAN 1 Batang Anai Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_FEBRIFERA_HANDAYANI_46723_235_2011.pdf
Download (168kB)
Abstract
Guru mempunyai peranan penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran danmenentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Salah satu usaha yang dilakukan oleh guruagar siswa selalu aktif dalam belajar yaitu dengan penggunaan modul. Dengan modulsiswa lebih termotivasi dan bersemangat dalam belajar dan tidak akan bermain-main padasaat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakahpenggunaan modul berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1Batang Anai.pada Tahun Pelajaran 2010/2011.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian RandomizedControl-Group Postest Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X sebanyak244 orang yang terdaftar dalam semester 1 tahun ajaran 2010/2011 di SMAN 1 BatangAnai. Sampel penelitian di ambil dari anggota populasi dengan menggunakan teknikpurposive sampling. Sehingga didapat dua kelas sampel. kelas X 5 sebagai kelaseksperimen dan kelas X 7 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan denganpemberian tes di akhir penelitian. Data di analisis dengan menggunakan uji t dengankriteria t hitung > t tabel maka hipotesis diterima.Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa harga t hitung 5,69 pada taraf nyata0,05. harga tabel 1,67 dengan derajat bebas 62. Dengan demikian t hitung > t tabel danhasil belajar kelas eksperimen 77,14 dan hasil kelas kontrol 66,84 sehingga Hipotesisditerima. Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan modulterhadap hasil belajar Biologi siswa SMAN 1 Batang Anai pada Tahun Pelajaran2010/2011.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Virus, Belajar Biologi |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QR Microbiology Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 17:56 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 17:56 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34278 |
