Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Instruksi Siswa Kelas Iv Sdn 14 Selayo

Vansla, Novenda (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Instruksi Siswa Kelas Iv Sdn 14 Selayo. Masters/Tesis thesis, Universita Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_NOVENDA_VANSLA_1303974_5947_2015.pdf] Text
final_2_NOVENDA_VANSLA_1303974_5947_2015.pdf

Download (585kB)

Abstract

Kurikulum 2013 menghendaki penilaian otentik sebagai teknik penilaian. Salah satu penilaian otentik yang efektif adalah penilaian portofolio. Penilaian portofolio jarang diterapkan di sekolah oleh guru karena sulitnya menyusun instrumen penilaian portofolio. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah meliputi masalah-masalah apa yang terjadi dalam penilaian menulis teks instruksi pada siswa kelas IV SD dan bagaimana menghasilkan instrumen penilaian portofolio untuk keterampilan menulis teks instruksi pada siswa kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan masalah yang terjadi dalam penilaian menulis teks instruksi pada siswa kelas IV SD dan menghasilkan instrumen penilaian portofolio untuk keterampilan menulis teks instruksi pada siswa kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Four-D Model). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan proses pengembangan instrumen penilaian portofolio dan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mendeskripsikan kualitas dan implementasi instrumen penilaian portofolio. Hasil penelitian menunjukkan proses pengembangan sesuai dengan model pengembangan 4-D yang meliputi tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Kualitas instrumen penilaian portofolio sangat valid dengan rata-rata 97,22% mencakup kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian. Sedangkan untuk tingkat praktikalitas dilihat dari respon guru 88,64% tergolong sangat praktis, demikian juga dengan respon siswa 81,39% juga menyatakan sangat praktis. Dampak implementasi terhadap nilai siswa berdampak baik sekali dengan nilai rata-rata kelas mencapai 85,31%, sedangkan untuk aktivitas siswa 93,55% menunjukkan aktivitas sangat aktif sesuai dengan pendeskripsian modifikasi Skala Likert.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 10:07
Last Modified: 22 Dec 2025 10:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34266

Actions (login required)

View Item
View Item