Hubungan Antara Pendekatan Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Peserta Pelatihan di Balai Latihan Kerja Khusus Perdagangan (BLKKP) Kota Padang.

Sari, Febrani Puspa (2011) Hubungan Antara Pendekatan Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Peserta Pelatihan di Balai Latihan Kerja Khusus Perdagangan (BLKKP) Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FEBRIANI_PUSPA_SARI_72322_2362_2011.pdf] Text
final_B1_FEBRIANI_PUSPA_SARI_72322_2362_2011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya motivasi belajar peserta pelatihan yangdilihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan mengemukakan pendapatnya serta merekabersemangat dalam kegiatan pelatihan dimana mereka tekun dan serius dalammenyelesaikan tugasnya, berkerjasama dengan sesamanya dan dapat menyelesaikan tugasyang diberikan instruktur dengan tepat waktu. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui: gambaran pendekatan pembelajaran yang digunakan instruktur, motivasibelajar peserta pelatihan.Jenis Penelitian ini adalah deskriptif korelasional, menggambarkan serta mencarihubungan antar variabel. Variabel penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran (X) danmotivasi belajar (Y). Penggambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik clusterrandom sampling. Jumlah populasi 60 orang dan jumlah sampel 30 orang. Jenis data yangdikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yakni motivasi belajar dan datasekunder yakni pendekatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan kuesioner dengan alat pengumpul data tersebut yaitu angket. Data diolahdengan menggunakan teknik analisis data persentase dan product moment.Dari hasil penelitian terlihat bahwa: Pendekatan pembelajaran yang digunakan olehinstruktur di BLKKP sudah dilaksanakan dengan cukup baik. Motivasi belajar pesertapelatihan dalam kegiatan pelatihan di BLKKP sudah cukup tinggi, dapat dilihat daripersentase responden yang menjawab sering menunjukan angka tertinggi, motivasi belajarini dapat dilihat dari peserta memiliki semangat yang tinggi dalam kegiatan, usaha untukmencapai prestasi yang lebih baik serta tanggung jawab terhadap kegiatan pelatihan.Terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan pembelajaran yang digunakan olehinstruktur dengan motivasi belajar peserta pelatihan, dimana didapat r hitung lebih besar darir tabel. Saran untuk penelitian ini adalah: Kepada instruktur di BLKKP kota Padang agardapat mempertahankan dan meningkatkan pendekatan pembelajarannya. Kepada pesertapelatihan yang berikutnya agar juga dapat memiliki motivasi belajar yang baik dalammelaksanakan pelatihan. Diharapkan pada peniliti selanjutnya dalam melakukan penelitiandapat melihat variabel-variabel lain yang berhubungan dengan pendekatan pembelajaranatau motivasi belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran, Motivasi Belajar, Latihan Kerja
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 17:40
Last Modified: 24 Dec 2025 17:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34263

Actions (login required)

View Item
View Item