Syafei, Febrianda Yenni (2012) Penerapan Metode Active Learning Tipe Learning Starts With A Question (LSQ) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMPN 33 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_FEBRIANDA YENNI SYAFEI_5455.pdf
Download (615kB)
Abstract
Hasil belajar matematika siswa SMPN 33 Padang masih rendah. Faktorpenyebabnya adalah pembelajaran yang masih didomonasi oleh guru, siswa kurangaktif memberikan tanggapan atau umpan balik terhadap pembelajaran yang diberikanguru. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswaadalah menerapkan metode Active Learning Tipe LSQ. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui “Apakah hasil belajar matematika siswa menggunakanpembelajaran metode Active Learning tipe LSQ lebih baik dari hasil belajarmatematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional di kelas VIII SMPN33 Padang tahun pelajaran 2011/2012”.Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan rancangan RandomizedControl-Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 33Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011/2012, sampel yang terpilih untukkelas eksperimen adalah siswa kelas VIII.1 sebanyak 40 siswa dan untuk kelaskontrol kelas VIII.2 sebanyak 40 siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t padataraf nyata 0,05.Berdasarkan skor tes hasil belajar matematika siswa pada kedua kelas sampel,diperoleh rata-rata kelas eksperimen 72,90 dengan simpangan baku 14,75, rata-ratakelas control 67,23 dengan simpangan baku 15,21. Analisis dilakukan denganbantuan software minitab diperoleh P-value 0,047 lebih kecil dari α = 0,05 sehinggadapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metodeActive Learning tipe LSQ lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yangmengikuti pembelajaran secara konvensional pada taraf kepercayaan 95%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN MATEMATIKA, METODE ACTIVE LEARNING TIPE LEARNING |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 25 Dec 2025 14:36 |
| Last Modified: | 25 Dec 2025 14:36 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34226 |
