Darma, Febria (2010) Pengaruh Kemandirian Belajar dan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Prestasi Akademis Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_FEBRIA_DARMA_65161_2010.pdf
Download (170kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui seberapa besarpengaruh dari kemandirian belajar terhadap prestasi akademis MahasiswaPendidikan Ekonomi UNP, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruhdari fasilitas belajar dirumah terhadap prestasi akademis mahasiswaPendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang, dan (3) Untuk mengetahuiseberapa besar pengaruh dari kemandirian belajar dan fasilitas belajardirumah secara bersama-sama terhadap prestasi akademis mahasiswapendidikan ekonomi Universitas Negeri PadangPenelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan asosiatifuntuk menentukan ada tidaknya pengaruh antara kemandirian belajar danfasilitas belajar di rumah terhadap prestasi akademis mahasiswa pendidikanekonomi UNP. Populasi penelitian adalah mahasiswa pendidikan ekonomitahun masuk 2007-2008 FE UNP yang berjumlah 370 orang dan jumlahsampel sebanyak 79 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakanadalah teknik proporsional random sampling. Jenis data yang dikumpulkandalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dimana dataprimer adalah data yang dikumpulkan melalui penyebaran angket tentangkemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah, dan data sekunder yaitudata berupa hasil belajar atau indeks prestasi semester Juli - Desember 2008berupa huruf atau angka yang didapatkan di BAAK Universitas NegeriPadang. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan analisisdeskriptif dan analisis inferensial dengan α = 0,05.Dari hasil penelitian terlihat bahwa hasil pengujian hipotesis yaitu(1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadapprestasi akademis mahasiswa pendidikan ekonomi UNP dimana (sig 0,000<α = 0,05) dengan tingkat pengaruh 0,009, (2) Terdapat pengaruh yangsignifikan antara fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi akademismahasiswa pendidikan ekonomi UNP dimana (sig 0,000< α = 0,05) dengantingkat pengaruh 0,013, dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antarakemandirian belajar dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasiakademis mahasiswa pendidikan ekonomi UNP dimana (0,00 < 0,05).Sumbangan secara bersama-sama variabel ini adalah 48,3 %, ini berarti51,7% ditentukan oleh faktor lain.Untuk meningkatkan prestasi akademis mahasiswa pendidikanekonomi UNP, diharapkan mahasiswa program studi pendidikan ekonomitahun masuk 2007-2008 dapat meningkatkan kemandirian belajar danmenyediakan fasilitas belajar di rumahnya yang memadai. Sehingga segalakesulitan yang timbul selama kegiatan proses perkuliahan berlangsungdapat diatasi dan tercapai prestasi akademis yang lebih baik lagi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | KEMANDIRIAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, AKADEMIS MAHASISWA |
| Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 18:56 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 18:56 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34194 |
