Pengaruh Penerapan Metode Pictorial Riddle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMPN 20 Padang.

Yanti, Febri (2011) Pengaruh Penerapan Metode Pictorial Riddle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMPN 20 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FEBRI_YANTI_78922_538_2011.pdf] Text
final_B1_FEBRI_YANTI_78922_538_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar TI&K siswa di SMP Negeri 20 Padangdisebabkan karena rendahnya aktivitas dan partsipasi siswa dalam pembelajaraanTI&K. Siswa kurang memiliki kemampuan untuk merumuskan gagasan sendiridan kurang memiliki keberanian untuk menyampaikan pendapat kepada oranglain. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan metode pictorialriddle yang mengembangkan motivasi dan minat siswa sehingga meningkatkankemampuan berfikir kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidikipengaruh penerapan metode pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa padamata pelajaran TI&K di SMPN 20 Padang pada ranah kognitif, afektif danpsikomotor.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasyeksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 20Padang yang berjumlah 310 orang yang terdiri dari 8 kelas yang terdaftar padatahun pelajaran 2009/2010. Teknik pengambilan sampel adalah purposivesampling, yaitu kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan VIII8 sebagai kelaskontrol masing-masing berjumlah 38 orang siswa. Teknik pengumpulan datapenelitian berupa tes tertulis dengan alat pengumpulan data berupa lembaran soaluntuk ranah kognitif, pengamatan/observasi dengan alat pengumpulan data berupalembar observasi untuk ranah afektif dan ranah psikomotor. Teknik analisis datapenelitian adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranahkognitif, sedangkan ranah afektif dan psikomotor melalui interpretasi data yangditampilkan dalam grafik secara kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kognitif, nilai rata-ratates akhir kelas eksperimen adalah 67,1, sedangkan kelas kontrol 56,7. Analisisketuntasan belajar, persentase siswa dengan nilai di atas Kriteria KetuntasanMinimal (KKM) pada kelas eksperimen 76 % sedangkan kelas kontrol 47 % darijumlah siswa. Pada ranah afektif, aktivitas dan tingkah laku siswa pada kelaseksperimen memenuhi kriteria baik pada setiap aspek pengamatan dibandingkandengan kelas kontrol. Pada ranah psikomotor, aktivitas dan tingkah laku siswapada kelas eksperimen memenuhi kriteria sangat baik pada setiap aspekpengamatan dibandingkan dengan kelas kontrol. Hipotesis kerja yang berbunyi”Terdapat pengaruh yang berarti penerapan metode pictorial riddle terhadap hasilbelajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN20 Padang pada ranah kognitif,afektif dan psikomotor” dapat diterima pada tarafnyata 0,05. Dengan demikian penerapan metode pictorial riddle dapatmeningkatkan hasil belajar TI&K siswa pada ranah kognitif, afektif danpsikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, TEKNOLOGI INFORMASI, KOMUNIKASI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 15:13
Last Modified: 24 Dec 2025 15:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34192

Actions (login required)

View Item
View Item