Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 21 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Yandi, Febri (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 21 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FEBRI_YANDI_90740_2011.pdf] Text
final_B1_FEBRI_YANDI_90740_2011.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang selama ini masihberpusat kepada guru sehingga berlangsung pembelajaran IPS yang membosankan dantidak menarik bagi siswa. Disamping itu standar ketuntasan dalam pembelajaran IPSyang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanpeningkatan hasil belajar IPS melalui model Problem Based Learning (PBL) yangmeliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil belajar.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Datapenelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperolehdari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah prosespelaksanaan pembelajaran IPS melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelasIV SDN 21 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Subjek penelitiadalah guru (observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV SDN 21 Bandar BuatKecamatan Lubuk Kilangan yang berjumlah sebanyak 16 orang. Analisis data dilakukandengan menggunakan model analisis data kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian, terlihat hasil belajar siswa meningkat denganmenggunakan model Problem Based Learning (PBL), persentase hasil nilai rata-ratapembelajaran siswa pada siklus I adalah 68,65% dan pada siklus II persentase hasilnilai rata-rata siswa adalah 80,52%. Persentase peningkatan hasil nilai rata-rata darisiklus I dan siklus II adalah 11,87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah denganmenggunakan model Problem Based Learning (PBL) meningkatkan hasil belajar siswakelas IV SDN 21 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan tentang mengenalpermasalahan sosial di daerahnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Bellajar Siswa, Pembelajaran IPS, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 09:00
Last Modified: 24 Dec 2025 09:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34190

Actions (login required)

View Item
View Item