Nizar, Azimah (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Pendidikan Seks Menurut Islam untuk Anak Usia Dini. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AZIMAH_NIZAR_17330009_3816_2023.pdf [thumbnail of B1_1_AZIMAH_NIZAR_17330009_3816_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_AZIMAH_NIZAR_17330009_3816_2023.pdf
Download (796kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya angka pelecehan
dan kekerasan seksual terhadap anak sesuai data Komisi Perlindungan Anak
Indonesia (KPAI) dan Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi
Sumatera Barat. Tujuan penelitian adalah mengembangkan modul pembelajaran
pendidikan seks menurut Islam untuk anak usia dini dan mengetahui implikasi
modul setelah dilakukan uji efektifitas. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian riset dan pengembangan 10 langkah Borg and Gall dengan sedikit
penyesuaian dengan tahap analisis (penelitian dan pengumpulan data), desain
(perencanaan produk), pengembangan (pembuatan produk, uji coba lapangan,
revisi 1, uji coba lapangan, revisi 2, uji coba lapangan, revisi 3 dan evaluasi
(diseminasi dan implementasi). Uji coba produk dilakukan pada anak usia dini
usia 5-6 tahun di TK Qatrinnada. Instrumen yang digunakan adalah instrumen
efektifitas dan instrumen praktikalitas.
Untuk menjamin kevalidan produk
peneliti memvalidasi instrumen tersebut kepada pakar. Hasil penelitian adalah (1)
Modul pembelajaran pendidikan seks menurut Islam untuk anak usia dini sangat
dibutuhkan anak usia dini, (2) Modul pembelajaran pendidikan seks menurut
Islam untuk anak usia dini sangat praktis digunakan guru ditandai dengan hasil
penilaian instrumen praktikalitas dan hasil Focus Group Discussion (FGD), (3)
Modul pembelajaran pendidikan seks menurut Islam untuk anak usia dini dari
validasi pakar memberikan hasil sangat valid, (4) Modul pembelajaran pendidikan
seks menurut Islam untuk anak usia dini efektif meningkatkan pengetahuan dan
perubahan sikap dan perilaku anak.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Guru PAUD-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 05:49 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 05:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3419 |