Pengembangan Perangkat Penilaian Berbasis Kelas untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs

Sefrinal, Sefrinal (2014) Pengembangan Perangkat Penilaian Berbasis Kelas untuk Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_SEFRINAL_1103904_28_2015.pdf] Text
final_3_SEFRINAL_1103904_28_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perangkat penilaian yang digunakan selama ini berupa penilaian tes tertulis (paper and pencil test), belum mampu menilai kemampuan siswa secara keseluruhannya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat penilaian penilaian berbasis kelas untuk materi bangun ruang sisi datar kelas VIII yang valid dan praktis. Perangkat penilaian ini diharapkan dapat menilai kemampuan siswa secara keseluruhannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), dan 4) penyebaran (dessiminate). Validasi perangkat dilakukan oleh ahli pendidikan matematika,. Kepraktisan perangkat penilaian diselidiki dengan cara mengamati pelaksanaan pembelajaran, pengisian angket praktikalitas oleh siswa, dan dengan melakukan wawancara dengan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penilaian berbasis kelas untuk materi bangun ruang sisi datar yang dihasilkan sudah valid dari segi isi dan konstruk untuk Kelas VIII MTs. Perangkat pembelajaran sudah praktis, karena mudah, jelas, dan dapat digunakan tanpa kendala. Dapat disimpulkan bahwa perangkat penilaian berbasis kelas untuk materi bangun ruang sisi datar valid dan praktis

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Perangkat penilaian; Bangun ruang
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 25 Dec 2025 06:14
Last Modified: 25 Dec 2025 06:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34189

Actions (login required)

View Item
View Item