Zasmi, Febri (2011) Pengaruh Sistem Membaca STUDY (Survey, Think, Understand, Demonstrate, You Review) terhadap Hasil Belajar Sains Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2009/2010. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_FEBRI ZASMI-43688-2011.pdf
Download (297kB)
Abstract
Adanya kecenderungan siswa SMP Negeri 13 Padang kurang tertarik padapelajaran biologi disebabkan pelajaran biologi lebih banyak membaca danhafalan. Hal ini mungkin disebabkan kurang terampil dalam membaca dan tidaktahu bagaimana sistem membaca yang efektif dan efisien sehingga membacamenjadi sesuatu yang membosankan dan melelahkan. Salah satu upaya yang dapatdilakukan untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca dan hasilbelajarnya adalah dengan penerapan sistem membaca efektif dan efisien. Olehkarena itu perlu dilakukan upaya untuk merangsang minat membaca siswa denganmenerapkan sistem membaca efektif dan efisien, terutama mengenai sistemmembaca STUDY (Survey, Think, Understand, Demonstrate, You Review).Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem membaca STUDYterhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan RandomizedControl Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran2009/2010 adalah 350 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik PurpsiveSampling, sedangkan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukandengan cara pengundian. Sampel adalah kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen danVIII.9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini dengan menggunakanuji-t.Hasil Pengolahan data menunjukkan kemampuan awal (T1) kedua kelassampel hampir sama (pretest untuk kelas eksperimen 2,8 dan 3,0 untuk kelaskontrol). Setelah dilakukan treatment (perlakuan) diperoleh nilai rata-rata hasilbelajar (T2) kelas eksperimen > kelas kontrol (kelas eksperimen 6,4, kelas kontrol5,9). Selisih nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen (3,6) dan kelaskontrol (2,9). Setelah dilakukan analisis data diperoleh harga t harga thitung = 4,18dan ttabel =1,69, ternyata thitung > ttabel, dk= 73 dan α 0,05, sehingga dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif sistem membaca STUDY terhadaphasil belajar sains biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengaruh sistem membaca, hasil belajar sains biologi |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 14:09 |
| Last Modified: | 26 Dec 2025 16:32 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34106 |
