Mariusniweti, Mariusniweti (2010) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf dengan Menggunakan Teknik Kalimat Mengalir Pada Siswa Kelas XI IS 3 SMA Negeri I X Koto Kabupaten Tanah Datar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_MARIUSNIWETI_81084_5452_2012.pdf
Download (185kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan bahwa keterampilan menulis paragraf siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik kalimat mengalir pada kelas XI IS 3 SMA Negeri I X Koto Kabupaten Tanah Datar. Jumlah subjek penelitian ini adalah 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Data penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari; 1) data mengenai sikap dan perilaku siswa dalam proses pembelajaran, 2) catatan lapangan. Data kuantitatif berupa dari; 1) data mengenai tindakan guru dalam proses pembelajaran, 2) data mengenai persepsi siswa terhadap pembelajaran, 3) data mengenai keterampilan siswa dalam menulis paragraf. Teknik dan alat pengumpul data disesuaikan dengan jenis data. Data tentang tindakan guru, sikap, dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dikumpulkan dengan teknik observasi dengan alat pengumpul data berupa lembaran observasi. Data tentang persepsi terhadap pembelajaran dikumpulkan melalui angket. Alat pengumpul data berupa angket. Data tentang tingkat keterampilan menulis paragraf siswa dikumpulkan dengan tes. Alat yang digunakan adalah soal tes. Data berupa hasil tes menulis paragraf diolah dengan menggunakan tabel penilaian dan penskoran. Selanjutnya dijumlahkan, dirata-ratakan dan dipersentasekan. Data tentang pelaksanaan pembelajaran dan persepsi siswa terhadap pembelajaran dipaparkan dan disimpulkan. Proses yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa menggunakan teknik kalimat mengalir, diawali dengan memberikan sebuah kalimat topik. Kalimat topik tersebut diberikan kepada siswa untuk bisa dilanjutkan sampai ke siswa yang terakhir, setelah selesai ditulis maka jadilah sebuah paragraf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik kalimat mengalir dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa. Ini terlihat pada perolehan rata-rata kelas nilai tes 54,15 pada tes awal meningkat menjadi 60,55 pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 67,75. Berdasarkan hasil perolehan nilai tersebut bisa disimpulkan bahwa dengan menerapkan teknik kalimat mengalir dalam pembelajaran menulis paragraf dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Teknik Kalimat Mengalir; Menulis; Paragraf |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 07:39 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 07:39 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34044 |
