Perbandingan Kompetensi Belajar Biologi Siswa Antara Pemberian Tugas Rumah Peta Pikiran dan Peta Konsep dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Smp Muhammadiyah 6 Padang

Adek, Marzalida (2015) Perbandingan Kompetensi Belajar Biologi Siswa Antara Pemberian Tugas Rumah Peta Pikiran dan Peta Konsep dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Smp Muhammadiyah 6 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_ADEK_MARZALIDA_1304168_3400_2015.pdf] Text
final_3_ADEK_MARZALIDA_1304168_3400_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kompetensi belajar biologi
siswa. Hal ini terlihat dari hasil obervasi dan nilai rata-rata mid semester 1 siswa.
Proses pembelajaran masih didominasi oleh metode ceramah dan kurangnya
persiapan siswa dalam menghadapi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perbedaan pemberian tugas rumah antara peta pikiran dan peta
konsep dalam model pembelajaran kooperatif Group Investigation terhadap
kompetensi belajar kognitif, afektif dan psikomotor siswa.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan rancangan
Randomized Posttest Comparison Group Design. Populasi penelitian adalah siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII5 sebagai
kelas eksperimen 1 untuk tugas rumah peta pikiran dan kelas VIII3 sebagai kelas
eksperimen 2 untuk tugas rumah peta konsep dengan model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation. Instrumen untuk aspek kognitif yaitu dengan
menggunakan metode tes, dan untuk aspek afektif dan psikomotor menggunakan
lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t untuk
ranah kognitif, sedangkan untuk ranah afektif dan psikomotor data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan dengan Uji Mann Whitney U.
Hasil Penelitian menunjukan analisis data kompetensi kognitif, afektif dan
psikomotor terdapat perbedaan secara signifikan terhadap kompetensi biologi
antara siswa dengan tugas rumah peta pikiran dan peta konsep pada model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Kompetensi biologi siswa
dengan tugas rumah peta pikiran lebih tinggi secara signifikan dari pada
kompetensi tugas rumah peta konsep dalam model pembelajaran Group
Investigation.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: kompetensi kognitif,psikomotor , pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 08:46
Last Modified: 22 Dec 2025 08:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34032

Actions (login required)

View Item
View Item