Penerapan Pendekatan Inkuiri melalui Eksperimen pada Pembelajaran Materi Asam Basa di SMAN 2 Bukittinggi

Eriyan, Febby Melani (2012) Penerapan Pendekatan Inkuiri melalui Eksperimen pada Pembelajaran Materi Asam Basa di SMAN 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FEBBY MELANI ERIYAN 02025-08.pdf] Text
final_B1_FEBBY MELANI ERIYAN 02025-08.pdf

Download (410kB)

Abstract

Salah satu alternatif untuk membuat pembelajaran menjadi aktif danbermakna agar siswa menjadi lebih aktif dalam menemukan konsep-konsep kimiaadalah dengan pendekatan inkuiri melalui eksperimen. Dengan pendekatan ini,siswa akan menemukan sendiri konsep asam basa dengan bereksperimen dilaboratorium, sehingga siswa aktif, mengerti dan lebih lama ingat dengan konseptemuannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apakahhasil belajar siswa menggunakan pendekatan inkuiri melalui eksperimen lebihtinggi secara signifikan dari pada hasil belajar tanpa pendekatan inkuiri melaluieksperimen pada pembelajaran materi asam basa di SMAN 2 Bukittinggi. Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan rancanganpenelitiannya Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitianadalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Bukittinggi yang terdaftar padasemester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Sampel penelitian diambil dengan teknikcluster random sampling. Kelas XI IPA 2 sebagai Kelas eksperimen dan kelas XIIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar untukranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah psikomotor. Hasil analisis datauntuk ranah kognitif dan psikomotor menunjukkan bahwa hasil belajar kimiasiswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas control. Hasil dari ujihypothesis dengan uji t menunjukkan bahwa Hipotesis penelitian diterima. Makadapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa pada ranah kognitif danpsikomotor menggunakan pendekatan inkuiri melalui eksperimen lebih baiksecara signifikan daripada hasil belajar kimia siswa menggunakan pembelajarankonvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Inkuiri, Asam basa, Pembelajaran kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 08:40
Last Modified: 24 Dec 2025 08:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33972

Actions (login required)

View Item
View Item