Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Hewan Ditinjau dari Gaya Belajar

Erda, Venni (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Hewan Ditinjau dari Gaya Belajar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_VENNI_ERDA_15177066_2083_2018.pdf] Text
final_03_VENNI_ERDA_15177066_2083_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ekologi hewan di Universitas Negeri Padang. Hal ini terlihat pada nilai hasil ujian tengah semester tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ekologi hewan dengan memperhatikan gaya belajar mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas yang mengambil mata kuliah ekologi hewan pada tahun ajaran 2017-2018 semester gasal yang terdiri dari 3 kelas. Sampel terdiri dari dua kelas yang diambil secara purposive sampling. Sampel penelitian adalah mahasiswa kelas A sebagai kelas eksperimen dan B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket identifikasi gaya belajar dan tes hasil belajar. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji-t dan anava dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan. Pertama hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ekologi hewan yang mengikuti pembelajaran menggunakan model problem based learning lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional dilihat secara keseluruhan, maupun berdasarkan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Kedua tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ekologi hewan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, problem based learning, gaya belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 18:25
Last Modified: 21 Dec 2025 18:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33940

Actions (login required)

View Item
View Item