Penerapan Analisis Konfirmatori untuk Mengetahui Faktor Kesulitan Mahasiswa Memahami Materi pada Buku Referensi (Studi Kasus Mahasiswa Statistika FMIPA UNP Angkatan 2014-2016)

Febrianti, Febrianti (2018) Penerapan Analisis Konfirmatori untuk Mengetahui Faktor Kesulitan Mahasiswa Memahami Materi pada Buku Referensi (Studi Kasus Mahasiswa Statistika FMIPA UNP Angkatan 2014-2016). Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_FEBRIANTI_14037012_408_2018.pdf] Text
final_B1_02_FEBRIANTI_14037012_408_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kesulitan mahasiswa dalam memahami
materi yang sulit dipelajari saat perkuliahan dan ditambah lagi dengan
pemahaman dan penggunaan buku referensi berbahasa Inggris. Tujuan penelitian
ini adalah untuk menguji model yang dihipotesiskan dan mengetahui hubungan
variabel indikator dan variabel laten dari faktor kesulitan mahasiswa statistika
dalam memahami materi menggunakan buku referensi di Universitas Negeri
Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa Program Studi Statistika UNP periode Januari-Juni
2017 dengan sampel berjumlah 96 orang. Teknik penarikan sampel yang
digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Kemudian
dilakukan penyebaran kuesioner yang terdiri dari 15 item pernyataan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konfirmatori.
Berdasarkan hasil penelitian menghasilkan sebuah model analisis
konfirmatori tentang faktor kesulitan mahasiswa statistika dalam memahami
materi pada buku referensi di Universitas Negeri Padang. Pada variabel laten
minat belajar (�1) terdapat empat variabel indikator yang berpengaruh yaitu
perasaan senang terhadap pelajaran (�1), ketertarikan belajar (�2), perhatian
mahasiswa terhadap pelajaran �3 , dan keterlibatan mahasiswa terhadap
pelajaran (�4). Pada variabel laten motivasi belajar (�2) terdapat tiga variabel
indikator yang berpengaruh yaitu tekun dalam belajar dan mengerjakan tugas
(�5), cepat merasa bosan dalam mengikuti pelajaran (�6), dan ulet dalam
menghadapi kesulitan (�7). Pada variabel laten lingkungan keluarga (�3) terdapat
dua variabel indikator yang berpengaruh yaitu suasana rumah (�11) dan perhatian
orang tua terhadap anak (�12). Pada variabel laten lingkungan kampus (�4)
terdapat tiga variabel indikator yang berpengaruh yaitu sarana dan prasarana
(�13), fasilitas belajar (�13) dan hubungan mahasiswa dengan dosen �15 .

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, Analisis Konfirmatori, Variabel Laten, Variabel Indikator
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika-D3
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 17:25
Last Modified: 21 Dec 2025 17:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33837

Actions (login required)

View Item
View Item