Pengembangan Bahan Ajar Bioteknologi Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Mahasiswa

Andriani, Sutri (2018) Pengembangan Bahan Ajar Bioteknologi Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Mahasiswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_SUTRI_ANDRIAN_16177057_3812_2018.pdf] Text
final_03_SUTRI_ANDRIAN_16177057_3812_2018.pdf

Download (959kB)

Abstract

Berdasarkan hasil angket mahasiswa diketahui bahwa masih rendahnya pengetahuan mahasiswa tentang manfaat bioteknologi sehingga kurangnya kesadaran mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu bioteknologi dalam kehidupan nyata. Walaupun mahasiswa telah belajar mengenai fermentasi, namun jarang untuk mengaplikasikannya dengan membuat sendiri produk-produk fermentasi yang kreatif. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk membuka wawasan mahasiswa tentang manfaat mempelajari bioteknologi sehingga dapat mengaplikasikan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari. Upaya tersebut dapat dituangkan dalam bahan ajar yang diintegrasikan dengan pendekatan CTL. Pendekatan CTL merupakan pendekatan pembelajaran yang menghubungkan konsep-konsep materi yang dipelajari dengan masalah kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar bioteknologi yang materinya mencakup teknologi fermentasi, bioteknologi medis, bioetika dan biosafety berbasis pendekatan CTL. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Tahap pengembangan model Plomp terdiri dari investigasi awal, pengembangan prototipe dan asesmen. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian validitas, lembar penilaian praktikalitas oleh dosen dan mahasiswa. Hasil uji validitas menunjukkan bahan ajar telah valid dari aspek aspek isi, penyajian, konstruk dan bahasa. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahan ajar mudah digunakan sesuai dengan ketersediaan waktu dan manfaat yang diperoleh. Bahan ajar efektif digunakan untuk meningkatkan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan ajar, Bioteknologi, pendekatan contextual teaching and learning (CTL).
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 14:43
Last Modified: 21 Dec 2025 14:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33809

Actions (login required)

View Item
View Item