Afriani, Vivi (2015) Perbedaan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa yang di ajar Menggunakan Media Presentasi Powerpoint Dengan Siswa yang diajar dengan Media White Board Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_1_VIVI_AFRIANI_02372_2933_2015.pdf
Download (374kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat (1) perbedaan yang signifikan antara gain hasil belajar siswa yang diajar dengan media presentasi powerpoint dengan gain hasil belajar siswa yang diajar dengan media white board. (2) perbedaan yang signifikan antara gain hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi tinggi dan motivasi rendah yang diajar menggunakan media presentasi powerpoint dengan gain hasil belajar antara siswa yang mempunyai motivasi tinggi dan rendah yang diajar dengan media white board. (3) interaksi antara motivasi belajar tinggi rendah dengan media pembelajaran (powerpoint dan white board). Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 6 Padang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel adalah kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Jenis data terdiri atas data primer dan data sekunder, sedangkan teknik analisis data adalah deskriptif dan analisis induktif. Analisis induktif menggunakan ANOVA dua jalur. Pada analisis deskriptif, diperoleh bahwa motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh TCR sebesar 83,52% dengan kategori sangat baik, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh TCR 76,2% dengan kategori baik. Untuk gain hasil belajar siswa dari pretes ke postes, kelas eksperimen memperoleh rata-rata 34.77 dan kelas kontrol mempunyai rata-rata 25.22. dengan selisih 9.16. Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara gain hasil belajar siswa yang diajar dengan media presentasi powerpoint dengan gain hasil belajar siswa yang diajar dengan media white board, dengan sig = 0.017 (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara gain hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi tinggi dan motivasi rendah yang diajar menggunakan media presentasi powerpoint dengan gain hasil belajar antara siswa yang mempunyai motivasi tinggi dan rendah yang diajar dengan media white board, dengan sig = 0.002 (3) tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar tinggi rendah dengan media pembelajaran (powerpoint dan white board), dengan sig=0.538. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada guru agar mampu memanfaatkan dan meningkatkan motivasi siswa dengan cara menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik seperti media powerpoint.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Belajar media white board, motivasi, pembelajaran |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 17:43 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 17:43 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33794 |
