Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Koto Kp.Dalam Kabupaten Padang Pariaman

Fitria, Vici (2018) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Koto Kp.Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_VICI_FITRIA_14016076_4444_2018.pdf] Text
final_B1_1_VICI_FITRIA_14016076_4444_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kp. Dalam Kabupaten Padang Pariaman.kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kp. Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Ketiga, menjelaskan hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kp. Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kp. Dalam Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018, yaitu 177 orang siswa. Sampeldalam enelitian ini ditentukan dengan proposional random sampling 20% dari populasi, yaitu 34 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel bebas (variabel X) dan keterampilan menulis teks deskripsi sebagai variabel terikat (variabel Y). Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas SMP Negeri 1 V Koto Kp. Dalam Kabupaten Padang Pariaman berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 82,79. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kp. Dalam Kabupaten Padang Pariaman berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 82,11. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kp. Dalam Kabupaten Padang Pariaman. tabel <T Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampiln menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 V Koto Kp. Dalam Kabupaten Padang Pariamanpada taraf kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan n-1, yaitu t hitung (1,80<3,13) dengan demikian H pengujian membuktikan bahwa t 0 tabel ditolak dan H lebih kecil dari t 1 hitung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, penelitian, pemahaman
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 17:34
Last Modified: 21 Dec 2025 17:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33782

Actions (login required)

View Item
View Item