Yuberta, Fauzi (2011) Penerapan Pembelajaran Active Learning Tipe Every One Is A Teacher Here (ETH) pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII 3 SMP N 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_FAUZI YUBERTA-79696-2011.pdf
Download (196kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan karena siswamenganggap matematika adalah pelajaran yang sulit dan bahasa yang rumit.Siswa merasa kurang percaya diri untuk bertanya ataupun mengeluarkanpendapatnya sendiri. Akibatnya siswa kurang termotivasi untuk belajarmatematika. Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk memotivasi siswa dalambelajar. Salah satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran Active Learningtipe Everyone Is A Teacher Here. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakahdampak pelaksanaan model pembelajaran Active Learning tipe Everyone Is ATeacher Here (ETH) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa? Tujuan daripenelitian ini adalah mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa setelahditerapkan model pembelajaran Active Learning tipe Everyone Is A Teacher Here(ETH).Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian, untukmotivasi belajar menggunakan rancangan penelitian One Group Pretest PosttestDesign. Sedangkan untuk hasil belajar menggunakan rancangan penelitianRandomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas VIII SMP N 13 Padang yang terdiri dari 9 kelas. Sampel padapenelitian ini adalah kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian adalah angket motivasi dan tes hasilbelajar. Angket motivasi diberikan sebelum dan sesudah dilakukan penelitian.Sedangkan tes hasil belajar dilakukan pada akhir pembelajaran mengenai gradien.Tes hasil belajar diberikan kepada kedua kelas sampel dengan soal yang sama.Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelaseksperimen adalah 68.78, sedangkan rata-rata hasil belajar pada kelas controladalah 60.89. Persentase ketuntasan untuk kelas eksperimen adalah sebesar 75%dan untuk kelas kontrol adalah sebesar 66.67% dengan Kriteria KetuntasanMinimal (KKM) di SMP N 13 Padang adalah 60. Hasil angket motivasi belajarsiswa menunjukkan bahwa siswa lebih termotivasi belajar matematika denganmenggunakan model pembelajaran Active Learning tipe Everyone Is A TeacherHere (ETH).
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING, PELAJARAN MATEMATIKA |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 06:14 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 06:15 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33732 |
