Zagoto, Maria Magdalena (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Siswa Kelas V SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_MARIA_MAGDALENA_ZAGOTO_14205028_3550_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan analisis pendahuluan yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa pembelajaran belum sepenuhnya memberikan ruang kepada siswa untuk berkontribusi. Interaksi yang kurang antara siswa dan sumber belajar menyebabkan lemahnya pemahaman konsep siswa.Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan suatu perangkat pembelajaran matematika berbasis realistic mathematics education(RME) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa pada materi pecahan kelas V Sekolah Dasar (SD). Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp, yaitu: (1) Preliminary Research /Analisis Pendahuluan; (2) Development or Prototyping Phase/Fase Pengembangan atau Prototype; (3) Assessment Phase/Fase Penilaian. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan lembar pengamatan. Pada fase investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis siswa dan analisis konsep.Pada fase pengembangan atau pembuatan prototipe dilakukan perancangan RPP dan LKS berbasis pendekatan RME dengan menggunakan evaluasi formatif, yaitu evaluasi sendiri, review ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil dan uji lapangan. Data praktikalitas diperoleh dari lembar keterlaksanaan RPP, angket praktikalitas guru, angket praktikalitas peserta didik.Data efektivitas diperoleh dari hasil belajar peserta didik berupa tes akhir. Hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan skor validitas RPP 3,45 dan LKS 3,40. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa perangkat pembelajaran matematika telah praktis dengan skor praktikalitas RPP 87,5% dan LKS 82,21%. Perangkat pembelajaran sudah efektif berdasarkan pada hasil belajar dimana ketuntasannya adalah 75%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis RME yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran matematika; pendekatan realistic mathematics education; materi pecahan kelas V SD; validitas praktikalitas efektivitas; peningkatan kemampuan penalaran siswa |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan Penerbitan |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 16:54 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 17:10 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33692 |
