Shinta, Mardha (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Jaringan Hewan Untuk Kelas XI SMA/MA Semester I. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_MARDHA_SHINTA_1103928_2343_2013.pdf
Download (343kB)
Abstract
Fungsi dan tujuan pendidikan nasional tidak hanya untuk mengembangkan kemampuan akademik saja, melainkan membentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu dikembangkan perangkat pembelajaran yang dapat mendukung pengembangan karakter siswa. Selama ini guru tidak mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kriteria siswa dan kondisi sekolah. Guru cenderung memakai perangkat dari MGMP tanpa melihat apakah perangkat tersebut sesuai digunakan di sekolah tempat mengajarnya. Perangkat pembelajaran yang mendukung pengembangan karakter siswa juga masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Biologi berorientasi pendidikan karakter dengan pendekatan guided discovery berupa RPP, Bahan Ajar, dan LKS pada materi jaringan hewan untuk kelas XI IPA SMA/MA yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan four-D models. Tahap disseminate tidak dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba perangkat yang dikembangkan. Rancangan perangkat yang telah didisain, divalidasi oleh tiga orang pakar dan praktisi kemudian diuji coba secara terbatas di Kelas XI IPA MA Kampar Timur untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas perangkat yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa perangkat pembelajaran biologi berorientasi pendidikan karakter dengan pendekatan guided discovery pada materi jaringan hewan untuk kelas XI IPA SMA/MA ini yang meliputi RPP, Bahan Ajar, dan LKS berada pada kategori valid. Berdasarkan uji coba terbatas, diketahui keterlaksanaannya berada pada kategori baik. Respon guru dan siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran ini menujukkan hasil yang positif dengan rata-rata respon sesuai. Hasil pengamatan aktivitas siswa sedang. Penilaian ranah kognitif, afektif, dan psikomotor menunjukkan ketuntasan melebihi batas minimal. Kesimpulan penelitian adalah perangkat pembelajaran biologi berorientasi pendidikan karakter dengan pendekatan guided discovery pada materi jaringan hewan untuk kelas XI IPA SMA/MA dinyatakan valid, praktis, dan efektif.1qa
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran, pendidikan karakter, guided discovery |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan Penerbitan |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 16:37 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 16:37 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33686 |
