Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Seni Budaya Materi Seni Rupa Kelas VIII di SMP N 15 Padang

Wijaya, Reno Satria (2018) Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Seni Budaya Materi Seni Rupa Kelas VIII di SMP N 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_RENO_SATRIA_WIJAYA_1205397_386_2018.pdf] Text
B1_05_RENO_SATRIA_WIJAYA_1205397_386_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran seni budaya materi seni rupa di SMP N 15 Padang. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah hasil belajar Seni Budaya materi Seni rupa siswa kelas VIII SMP N 15 Padang yang diajar dengan menggunakan pendekatan saintifik berbeda secara signifikan dengan hasil belajar Seni Budaya materi Seni rupa siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi ekspermental) dengan racangan penelitian berupa pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 15 Padang yang belajar seni budaya materi seni rupa dan terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 219 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dari tujuh kelas dipilih dua yaitu kelas VIII.6 adalah kelas ekperimen dan kelas VIII.2 adalah kelas kontrol dengan masing masing kelas terdapat 30 orang siswa. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0.05. Hasil penelitian pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik memperlihatkan hasil belajar yang tinggi jika dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t tes pada program SPSS versi 16.00 diperoleh thitung yaitu 10.256 dan ttabel yaitu 2.045 (thitung>ttabel) dengan taraf signifikan 5% (ɑ = 0,05) ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap hasil belajar kelas VIII dalam pembelajaran Seni Budaya Materi Seni Rupa di SMP N 15 Padang. Disarankan kepada guru-guru bidang studi Seni Budaya Materi Seni Rupa untuk menggunakan pendekatan saintifik baik teori maupun praktik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 23 Dec 2025 04:43
Last Modified: 23 Dec 2025 04:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33489

Actions (login required)

View Item
View Item