Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar dan Pemberian Penguatan terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IS SMA Negeri 2 Batusangkar

Andra, Relfi (2011) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar dan Pemberian Penguatan terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IS SMA Negeri 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RELFI_ANDRA_84699_1266_2012.pdf] Text
final_B1_1_RELFI_ANDRA_84699_1266_2012.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS SMA N 2 Batusangkar (2) Pengaruh persepsi siswa tentang pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS SMA N 2 Batusangkar (3) pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar dan pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS SMA N 2 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Batusangkar yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011, berjumlah 140 orang. Teknik penarikan sampel dengan proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 104 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu : uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis (uji F dan uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS SMA Negeri 2 Batusangkar dengan thitung tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05, (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS SMA Negeri 2 Batusangkar dengan tingkat signifikan 0,066 > α = 0,05, (3) Terdapat pengaruh yang yang signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar dan pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS SMA Negeri 2 Batusangkar dengan tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata skor veriabel persepsi siswa tentang metode mengajar sebesar 3,92 dengan tingkat capaian responden 78,48%, hal ini tergolong dalam kategori cukup baik. Sedangkan rata-rata skor untuk variabel persepsi siswa tentang pemberian penguatan sebesar 3,41 dan tingkat capaian responden 68,26% hal ini tergolong dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan kepada guru ekonomi untuk lebih kreatif dalam menerapkan metode mengajar dalam proses pembelajaran dan hendaknya memperhatikan serta mengkreasikan penguatan dalam pembelajaran sehingga peserta didik menjadi termotivasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE MENGAJAR, PEMBERIAN PENGUATAN, MOTIVASI BELAJAR SISWA, MATA PELAJARAN EKONOMI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:43
Last Modified: 23 Dec 2025 01:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33449

Actions (login required)

View Item
View Item