Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peserta Didik Dalam Memilih Sekolah di SMA Swasta HKBP 2 Tarutung.

Citra, Karmina (2024) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peserta Didik Dalam Memilih Sekolah di SMA Swasta HKBP 2 Tarutung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_KARMINA_CITRA_18058057_1186_2025.pdf] Text
B1_4_KARMINA_CITRA_18058057_1186_2025.pdf

Download (921kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, yang mana SMA Swasta HKBP 2 Tarutung memiliki program Pendidikan Agama Kristen (PAK), dan sekolah yang didirikan sebagai bagian dari upaya HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) dalam menyediakan layanan pendidikan berkualitas bagi masyarakat Tarutung dan sekitarnya. Teori yang digunakan adalah teori pilihan rasional Coleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini 13 orang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam memilih sekolah di SMA Swasta HKBP 2 Tarutung (1) faktor internal terdiri dari pribadi peserta didik. Artinya bukan tanpa paksaan melaikan timbul dari diri sendiri, pengaruh lingkungan sosial pribadi. Yang mana siswa sering kali mempertimbangkan pilihan berdasarkan teman-teman mereka. Jika banyak teman dekatnya memilih sekolah swasta tertentu, siswa cenderung tertarik untuk mengikuti, karena merasa lebih nyaman berada di lingkungan yang sudah dikenal. (2) faktor eksternal terdiri dari: dorongan orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya karena karena sudah membuktikan menjadi budaya bagi orang tua anak-anaknya hanya sekolah di SMAS HKBP 2 Tarutung, sarana-prasaran. Sarana-prasaran atau fasilitas sekolah yang memadai, sehingga peserta didik dalam belajar terpenuhi, begitu juga dengan adanya sarana-prasaran yang lengkap dapat melatih minat peserta didik dalam mengembangkan mintat masing-masing perserta didik, dan guru profesional. Guru sudah memenuhi standar dan memiliki keahlian di bidang masing-masing dan menguasai materi, struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mempengaruhi, Peserta Didik, memilih, Sekolah Swasta.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 11:41
Last Modified: 21 Dec 2025 11:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33438

Actions (login required)

View Item
View Item