Optimalisasi Pengenalan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini melalui Permainan Kotak Kartu Bergambar di Kelompok B Raudhatul Adhfal (RA) MIN Canduang.

Olinsia, Diana (2011) Optimalisasi Pengenalan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini melalui Permainan Kotak Kartu Bergambar di Kelompok B Raudhatul Adhfal (RA) MIN Canduang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DIANA_OLENSIA_08321_4009_2011.pdf] Text
final_B1_DIANA_OLENSIA_08321_4009_2011.pdf

Download (633kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perkembangan belajar anakdalam membaca dan menulis di Raudhatul Adhfal (RA) MIN CanduangKabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengenalanmembaca dan menulis anak usia dini yang meliputi: 1) membedakan bunyi bahasadan melafalkannya dengan benar, 2) mengenal bentuk symbol sederhana dan, 3)memahami keterkaitan antara bahasa lisan dengan bahasa tulisan, melaluipermainan kotak kartu bergambar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyekpenelitiian 20 orang anak kelompok B Raudhatul Adhfal (RA) MIN CanduangKecamatan Canduang Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitianini dilakukan dengan dua siklus tiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuandengan 4 langkah penelitian: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4)perenungan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melakukanobservasi langsung ke kelompok B dan tes perbuatan, sedangkan alatpengumpulan data yang digunakan alat berupa pedoman observasi dengan hasiltes kemampuan teknik analisis data menggunakan rumus persentase.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangankemampuan pengenalan membaca dan menulis anak dalam membedakan bunyibahasa dan melafalkannya dengan benar, mengenal bentuk-bentuk simbol-simbolsederhana, memahami keterkaitan antara bahasa lisan dengan bahasa tulisanberkembang dengan baik, setelah melakukan kegiatan permainan kotak kartubergambar dimana pada Siklus I kemampuan anak berada pada kategori kurang,sedang pada siklus II sudah berada pada kategori sangat baik. Adapun saran daripeneliti, diharapkan guru TK/RA dapat menggunakan permainan kotak kartubergambar sebagai salah satu media dalam meningkatkan (mengoptimalkan)pengenalan membaca dan menulis anak usia dini dalam kegiatan pembelajaranselanjutnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEMBACA, MENULIS, ANAK USIA DINI, PERMAINAN BONGKAR PASANG
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:43
Last Modified: 23 Dec 2025 01:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33433

Actions (login required)

View Item
View Item