Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Congklak di Kelompok B4 Taman Kanak-Kanak TK Kartika 1-54 Padang.

Fitri, Diana (2011) Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Congklak di Kelompok B4 Taman Kanak-Kanak TK Kartika 1-54 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DIANA_FITRI_51027_4070_2011.pdf] Text
final_B1_DIANA_FITRI_51027_4070_2011.pdf

Download (412kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di TK Kartika 1-54 Padang, pada kenyataan yang penelitilihat selama ini, kemampuan berhitung anak masih kurang. Hal ini disebabkan karenakurangnya media dan alat permainan, sehingga anak cepat bosan dan kurang minatnya dalampembelajaran berhitung. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berhitung anakdengan menggunakan media congklak. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelasdengan subjeknya anak TK Kartika 1-54 Padang di kelompok B 4 yang berjumlah 12 anak.Anak perempuan 5 anak dan anak laki-laki 7 orang. Data tentang kemampuan berhitung anakdalam pembelajaran yang diperoleh dari lembar observasi yang dianalisis dengan teknikpersentase.Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berhitunganak. Pada siklus I pencapaian nilai rata-rata kemampuan anak meningkat 60,25 %.Sedangkan pada siklus II kemampuan berhitung anak meningkat menjadi 96%. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa permainan congklak dapat meningkatkan kemampuanberhitung anak di TK Kartika 1-54 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN BERHITUNG, BERMAIN CONGKLAK
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:42
Last Modified: 23 Dec 2025 01:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33420

Actions (login required)

View Item
View Item