Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Siswa melalui Penerapan Metode Membaca Pemahaman (Comprehensive Reading) dengan Tidak Menggunakan Metode Membaca pada Kelas VIII SMP N 20 Padang.

Bastian, Diana (2011) Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Siswa melalui Penerapan Metode Membaca Pemahaman (Comprehensive Reading) dengan Tidak Menggunakan Metode Membaca pada Kelas VIII SMP N 20 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DIANA_BASTIAN_08050_2011.pdf] Text
final_B1_DIANA_BASTIAN_08050_2011.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar pada siswayang membaca teori dengan metode membaca pemahaman (ComprehensiveReading) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang membaca dengan tidakmenggunakan metode membaca pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas VIIISMP N 20 Padang.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 20 Padang sebanyak 301 orang dengansampel sebanyak 79 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposivesampling. Jenis data adalah data primer dan data skunder. Data dianalisis denganmenggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Z terhadap kedua kelassampel.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang membacadengan metode membaca pemahaman (Comprehensive Reading) memiliki hasilyang lebih tinggi dibanding siswa yang membaca dengan tidak menggunakanmetode membaca. Perbedaan ini terlihat dari nilai rata-rata (x̄) kedua kelas sampeltersebut. Kelas eksperimen yang membaca modul dengan metode membacapemahaman (comprehensive reading) memiliki rata-rata yang lebih tinggi daripada kelas kontrol yang membaca tidak menggunakan metode membaca padakelas VIII SMP N 20 Padang (28,95 > 26,33).Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada pihaksekolah serta para pendidik untuk dapat menerapkan metode membacapemahaman (comprehensive reading) pada mata pelajaran ekonomi karena dapatmeningkatkan hasil belajar ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR EKONOMI, MEMBACA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:41
Last Modified: 23 Dec 2025 01:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33411

Actions (login required)

View Item
View Item