Syahfitri, Diana (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Genius Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Pembelajaran Hidrolisis Garam di SMAN 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DIANA SYAHFITRI-84199-2011.pdf
Download (368kB)
Abstract
Kurikulum yang digunakan saat ini adalah Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP). Dalam proses pembelajaran siswa dituntut untuk aktif dalammengembangkan potensi dan pemikirannya sehingga akan meningkatkan hasilbelajar siswa. Guru sebagai komponen penting dalam proses pembelajaran harusmencari strategi yang tepat agar terciptanya pembelajaran yang aktif, efektif,efisien dan menyenangkan yang akan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satustrategi pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa belajar cepat,menyenangkan, dan dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa adalahstrategi Genius Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakahpenerapan strategi pembelajaran Genius Learning dapat meningkatkan hasilbelajar siswa secara signifikan pada materi pembelajaran Hidrolisis Garam diSMAN 4 Pariaman.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan “ pretest and post-test one group design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswakelas XI IPA SMAN 4 Pariaman tahun ajaran 2010/2011 dan sampel penelitianyaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui hasil belajarsiswa, maka dilakukan tes hasil belajar menggunakan 20 soal objektif yang telahdiuji cobakan terlebih dahulu. Data yang diperoleh dianalisis denganmenggunakan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswapada saat post-test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pre-test. Setelah dilakukanuji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (db) sebesar 39 diperolehthitung sebesar 48,75 sedangkan ttabel sebesar 1,68. Ini berarti penerapan strategiGenius Learning dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa secara signifikanpada materi pembelajaran Hidrolisis Garam di SMAN 4 Pariaman.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR KIMIA, PEMBELAJARAN HIDROLISIS |
| Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 00:57 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 00:57 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33402 |
