Yulia, Dian (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas V SDN 17 Pakan Kurai Kecamatan Guguk Panjang Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DIAN_YULIA_50562_5168_2011.pdf
Download (235kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwapembelajaran di domonasi guru dan masih melaksanakan pembelajaran secarakonvensional. Berdasarkan pengalaman peneliti, ditemukan hasil belajar IPSpeserta didik masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas iniingin mencoba meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan mengunakanmodel Cooperative Learning tipe Numbered Head Together dalam pembelajaranIPS di kelas V SDN 17 Pakan Kurai Bukittinggi.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menerapkan modelCooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaranIlmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, pelaksanaanyang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir, serta evaluasipembelajaran. (2) hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pendekatan yangdigunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatifdengan menggunakan rancangan penelitian tindakan.Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan modelCooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) rata-rata siswameningkat dari skor awal Siklus I yakni 52,4% dan diakhir siklus I meningkatmenjadi 64,7%. begitu juga di silkus II yang mana skor dasar yang digunakanmerupakan skor akhir siklus I yakni 64,7% dan peningkatan yang terjadi yakni72,4% untuk rata-rata nilai siswa. Hal ini disebabkan karena siswa dituntut aktifdengan penetapan nomor berbeda tiap anggota kelompok. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model CooperativeLearning tipe Numbered Head Together dapat mrningkatkan hasil belajar pesertadidik di kelas V SDN 17 Pakan Kurai Kecamatan Guguk Panjang Bukittinggi
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, MODEL COOPERATIVE LEARNING |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 00:53 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 00:53 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33361 |
