Septia, Aini (2018) Persepsi Guru tentang Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah di SMK Swasta Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_AINI_SEPTIA_1304525_1641_2018.pdf [thumbnail of B1_01_AINI_SEPTIA_1304525_1641_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_AINI_SEPTIA_1304525_1641_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis pada SMK Swasta Kota Padang Panjang yang menunjukkan bahwa belum mampunya kepala sekolah dalam melaksanakan dan menindaklanjuti hasil supervisi di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi mengenai persepsi guru tentang kompetensi supervisi kepala pada aspek 1) kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi dengan menggunakan pendekatan dan teknik yang tepat, 2) kompetensi kepala sekolah dalam menindaklanjuti hasil supervisi dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru pada SMK Swasta Kota Padang Panjang yang berjumlah 83 orang. Jumlah sampel adalah 42 orang yang diambil 50% dari populasi dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket model skala Likert dengan modifikasi lima alternatif jawaban yaitu Sangat Mampu (SM), Mampu (M), Cukup Mampu (CM), Kurang Mampu (KM), dan Tidak Mampu (TM). Validitas angket ditentukan dengan rumus tata jenjang Spearman, angket dikatakan valid dengan Rho hitung 0,973 dan Rho tabel 0,648 dengan taraf kepercayaan 95%. Reliabilitas ditentukan dengan rumus Alpha, angket dikatakan reliabel dengan r hitung 0,983 dan r tabel 0,632 dengan taraf kepercayaan 95%. Teknik analisis data menggunakan rumus presentase tingkat capaian yaitu skor rata-rata dibagi skor ideal dikali seratus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang kompetensi supervisi kepala sekolah di SMK Swasta Kota Padang Panjang pada aspek: 1) kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi menggunakan pendekatan dan teknik yang tepat berada pada kategori mampu dengan tingkat capaian 81,48%, 2) kompetensi kepala sekolah dalam menindaklanjuti hasil supervisi dalam rangka peningkatan profesionalisme guru berada pada kategori cukup mampu dengan tingkat capaian 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang kompetensi supervisi kepala sekolah di SMK Swasta Kota Padang Panjang berada pada kategori mampu dengan tingkat capaian 80%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 07:32 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 07:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3333 |