Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Genially pada Sub Materi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan di Dunia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Bagi Siswa Kelas XI di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis

Fadhil, Alifiah Azizah Al (2025) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Genially pada Sub Materi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia dan di Dunia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Bagi Siswa Kelas XI di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ALIFIAH_AZIZAH_AL_FADHIL_20045086_842_2025.pdf] Text
B1_1_ALIFIAH_AZIZAH_AL_FADHIL_20045086_842_2025.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis Genially terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI pada pelajaran Geografi di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis dan penelitian ini juga mengkaji respon siswa terhadap penggunaan media Genially pada mata pelajaran Geografi di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbasis Pre Eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu teknik yang dilihat dengan pertimbangan tertenti terlebih dahulu sehingga menghasilkan satu kelompok sampel yang terdiri dari 21 siswa di kelas XI paket 5. Data dikumpulkan dalam bentuk soal Pretest dan Posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa dan melalui kuisioner/angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis Genially pada pembelajaran geografi. Kemudian data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil Penelitian Menunjukkan dari hasil uji t memperoleh nilai signifikansi (2- tailed) dari pretest dan posttest adalah 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti, terdapat peningkatan hasil belajar Geografi dengan penerapan media Genially. Hasil analisis angket respon siswa pada indikator kesesuaian materi, tingkat persetujuan siswa dengan rata-rata 88,75% dan pada indikator meningkatkan hasil belajar rata-rata persetujuan siswa di atas 87%. Maka dari itu dapat di simpulkan penerapan media pembelajaran berbasis Genially dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI paket 5 di SMA Swasta Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Media Genially, Hasil Belajar, Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 07:57
Last Modified: 22 Dec 2025 01:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33300

Actions (login required)

View Item
View Item