Hubungan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 4 Solok Selatan

Ardi, Ardi (2013) Hubungan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 4 Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_A R D I_57543_2166_2013.pdf] Text
final_B1_02_A R D I_57543_2166_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa Teknik Gambar Bangunan pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik di SMK Negeri 4 Solok Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasional, dengan populasi seluruh siswa Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 4 Solok yang berjumlah 38 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan statistik parametrik yaitu korelasi sederhana melalui program komputerisasi SPSS versi 15.0 pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian lingkungan belajar pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik berada pada kategori baik. Hal ini dapat dilihat melalui deskripsi data kuisioner yang disebarkan kepada 38 responden, dimana skor rata-rata observasi yang diperoleh adalah 142,63 sedangkan rata-rata ideal diperoleh sebesar 136. Untuk lingkungan belajar siswa sebanyak 9 responden (23,68%) menyatakan sangat baik, 14 responden (36,84%) menyatakan baik, 10 responden (26,31%) menyatakan jelek, dan 5 responden (13,15%) menyatakan sangat jelek. Sedangkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik berada pada kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari deskripsi data 38 responden yang diperoleh dari nilai ujian semester pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik pada semester I, dimana skor rata-rata observasi yang diperoleh adalah 69,18 sedangkan rata-rata ideal diperoleh sebesar 69,5. Prestasi belajar siswa diperoleh sebanyak 6 responden (15,79%) sangat baik, 16 responden (42,10%) baik, 2 responden (5,26%) jelek, dan 14 responden (36,84%) sangat jelek. Terdapat hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa Teknik Gambar Bangunan pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik di SMK Negeri 4 Solok Selatan dengan Koefisien Korelasi sebesar 0,587 yang masuk dalam kategori memiliki hubungan cukup kuat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Teknik Gambar Bangunan
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 02:50
Last Modified: 21 Dec 2025 02:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33234

Actions (login required)

View Item
View Item