Pengaruh Kegiatan Bercerita dengan Lift The Flap Book And Move terhadap Kemampuan Menyimak Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang

Harja, Syafira Fitri Kamilah (2024) Pengaruh Kegiatan Bercerita dengan Lift The Flap Book And Move terhadap Kemampuan Menyimak Anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_7_SYAFIRA_FITRI_KAMILAH_HARJA_20022175_573_2025.pdf] Text
B1_7_SYAFIRA_FITRI_KAMILAH_HARJA_20022175_573_2025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menyimak anak yang masih belum berkembang dengan baik, dimana anak belum bisa mendengar cerita lebih lama dan ketika anak ditanya mengenai hal atau cerita yang sudah disampaikan oleh guru, banyak anak yang diam dan ketika diminta untuk mengulang cerita anak tidak bisa mengulangnya. Hal itu dikarenakan media yang digunakan oleh guru sama belum ada pembaharuan dan kurang bervariasi. Oleh karena itu, maka perlu mengunakan media pembelajaran yang bervariasi yang dapat menarik perhatian anak salah satunya yaitu media Lift The Flap Book And Move. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan bercerita dengan Lift The Flap Book And Move terhadap kemampuan menyimak anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang, dengan sampelnya yaitu kelas B4 sebanyak 15 anak sebagai kelas eksperimen dan B3 sebanyak 15 anak sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan lembar observasi kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) dengan menggunakan bantuan SPSS 25.0 for windows. Berdasarkan analisis data, hasil rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 14,8 dan 23,53. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pre-test dan post-test adalah 14,53 dan 19,93. Data yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen. Pada uji hipotesis dengan Independent sample t-test nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan bercerita menggunakan media Lift The Flap Book And Move terbukti berpengaruh terhadap kemampuan menyimak pada anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bercerita; media Lift The Flap Book And Move; pengaruh; menyimak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 05:17
Last Modified: 22 Dec 2025 01:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33233

Actions (login required)

View Item
View Item