Putri, Eka Maharani (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat Positif dengan Positif Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas IV SD Angkasa I Lanud Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_EKA_MAHARANI_PUTRI_83258_3305_2011.pdf
Download (484kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi.Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Angkasa I Lanud Kota Padang bahwa guru kelas yang bersangkutan mengajarkan matematika belum
mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Untuk itu, melalui penelitian tindakan kelas ini peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan
mendapatkan informasi tentang pembelajaran pengurangan bilangan bulat positif dengan positif melalui pendekatan RME yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir, dan (3) hasil belajar.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus, meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang
proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes. Subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 35 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Untuk memperoleh hasil belajar siswa dilaksanakan penilaian. Penilaian dilakukan guru dengan tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil belajar siswa melalui pendekatan RME pada siklus I dan
II mengalami peningkatan. Pada aspek kognitif, siklus I persentase rata-rata yang diperoleh siswa 65,7% dengan ketuntasan belajar 54% dan meningkat pada siklus II mencapai 89,4% dengan ketuntasan belajar 91%. Pada aspek afektif dari 70,2% meningkat menjadi 88,9%, sedangkan pada aspek
psikomotor dari 67,6% meningkat pada siklus II menjadi 92,5%. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar pengurangan bilangan bulat positif dengan positif pada kelas IV SD Angkasa I Lanud Kota Padang.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peningkatan hasil belajar pengurangan bilangan bulat positif |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 17:14 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 17:14 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33225 |
