Pengembangan Modul Berorientasi Konstruktivisme Dilengkapi Peta Pikiran pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan di STAIN Kerinci.

Angela, Lia (2014) Pengembangan Modul Berorientasi Konstruktivisme Dilengkapi Peta Pikiran pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan di STAIN Kerinci. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_LIA_ANGELA_1204139_2867_2014.pdf] Text
final_3_LIA_ANGELA_1204139_2867_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di STAIN Kerinci diperoleh bahwa bahan ajar yang digunakan untuk perkuliahan Fisiologi Tumbuhan di STAIN Kerinci belum mampu mengkonstruksi pengetahuan mahasiswa. Mahasiswa membutuhkan suatu bahan perkuliahan yang dapat membantu dan memudahkan mereka dalam perkuliahan, serta dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar. Karena itu, perlu dikembangkan bahan perkuliahan dalam bentuk lain, yakni modul berorientasi konstruktivisme dilengkapi peta pikiran yang valid, praktis dan efektif untuk perkuliahan Fisiologi tumbuhan di STAIN Kerinci. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Tahapan yang dilakukan yaitu 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), dan penyebaran (dissiminate). Pada tahap define dilakukan analisis silabus, wawancara dengan dosen, dan analisis mahasiswa. Pada tahap design dilakukan perancangan modul. Tahap develop terdiri atas tahap validasi, dan praktikalitas. Pada tahap disseminate terdiri atas uji efektifitas. Setelah dirancang, modul divalidasi oleh 4 orang validator. Untuk praktikalitas, modul diuji cobakan kepada mahasiswa semester VI B Progam Studi Pendidikan Biologi STAIN Kerinci. Kegiatan perkuliahan diamati oleh 1 orang observer. Uji Efektivitas modul dilakukan pada mahasiswa semester VI A Program Studi Pendidikan Biologi STAIN Kerinci. Aspek efektifitas yang diamati adalah aktivitas, motivasi, dan hasil belajar mahasiswa. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, observasi, dan angket, kemudian dianalisis secara deskriptif. Melalui analisis data diperoleh data validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Data yang diperoleh dianilisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul berorientasi konstruktivisme dilengkapi peta pikiran sudah sangat valid dari segi isi dan konstruk. Berdasarkan analisis data praktikalitas diperoleh bahwa modul berorientasi konstrutivisme dilengkapi peta pikiran sudah sangat praktis digunakan dalam perkuliahan Fisiologi Tumbuhan, terlihat dari pelaksanaan perkuliahan yang sesuai rencana dan efisien waktu, petunjuk modul jelas, isi modul sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Pada tahap efektivitas diperoleh bahwa modul modul sudah efektif digunakan untuk perkuliahan Fisiologi Tumbuhan, karena mampu meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Modul Berorientasi Konstruktivisme; Peta Pikiran (Mind Mapping); Pengembangan Bahan Ajar (Model 4D); Fisiologi Tumbuhan; Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Mahasiswa.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan Penerbitan
Date Deposited: 21 Dec 2025 03:25
Last Modified: 21 Dec 2025 03:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33109

Actions (login required)

View Item
View Item