Agnel, Dian Della (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SDN 03 Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DIAN_DELLA_AGNEL_83317_2011.pdf
Download (402kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa hasil belajarIPS kelas IV SDN 03 Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh belum memenuhikriteria ketuntasan belajar yang diharapkan yaitu 62. Hal ini disebabkan karenaproses pembelajaran IPS di SDN 03 Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh masihbersifat konvensional, yang didominasi oleh guru dengan menggunakan metodeceramah, dan guru juga belum memilih dan menerapkan model pembelajaranyang tepat. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation(GI) merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa.Model ini memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir kritis dan berdiskusidengan temannya didalam kelompok. Penelitian ini dilakukan untukmendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dikelas IV SDN 03 Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif denganjenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVSDN 03 Taeh Baruah yang berjumlah 31 orang siswa. Prosedur penelitianmeliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi, 5) hasilbelajar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuandalam satu siklus dan dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan pengamat.Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar pengamatan dannilai hasil belajar siswa.Hasil penelitian meliputi tiga tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaandan 3) hasil belajar. Penelitian ini memperlihatkan peningkatan hasil belajar siswadari nilai skor awal yaitu 55. Setelah tindakan dilakukan pada siklus I pertemuan Imeningkat menjadi 62 dan pertemuan II menjadi 71. Setelah tindakan dilakukandari siklus I sampai siklus II melalui perbaikan pada proses pembelajaranmencapai tingkat ketuntasan 83 % dengan nilai rata-rata 77. Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prosespembelajaran dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar “Mengenalperkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalamanmenggunakannya”.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 23:57 |
| Last Modified: | 20 Dec 2025 23:57 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33061 |
