Amri, Chairul (2019) Analisis Kualitas Pembelajaran Biologi Ditinjau dari Aspek Guru dan Siswa Kelas X SMA Negeri Unggul Dharmasraya. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_CHAIRUL_AMRI_1104000_4858_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa temuan tentang berbagai kendala dalam mewujudkan Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang standar proses pendidikan yang meliputi perencanaan, pelaksanan, dan penilaian pembelajaran. Sehingga berimplikasi kepada kualitas pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kendala dalam perencaan, pelaksanaan, dan penilaian pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah guru biologi kelas X, wakil kepala sekolah dan siswa kelas X MIPA SMA Negeri Unggul Dharmasraya. Teknik pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, studi dokumentasi, observasi, rekaman proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah adalah lembar wawancara dan lembar penilaian yang diadopsi dari Instrumen Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran PLPG Rayon 106 UNP, lembar observasi, lembar wawancara, handycam, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa angka-angka yang didapatkan dari lembar penilaian RPP dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan perhitungan statistik. Data yang diperoleh dari hasil observasi, studi dokumentasi, wawancara diolah dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis data tersebut sampai diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan perencanaan yang dibuat guru memperoleh nilai kurang. Pelaksanan pembelajaran yang dilaksnanakan memperoleh kriteria kurang, begitu juga penilaiaan yang dilakukan guru memperoleh kriteria kurang. Sedangkan guru memgalami permasalahan dalam hal pengetahuan pembuatan perencanaan yang sesuai kurikulum K13. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru belum sepenuhnya paham dalam menerapkan model pembelajaran yang dianjurkan dalam kurikulum K13. Dalam hal penilaian guru tidak melaksanakan penilaian sikap dan keterampilan karena instrumennya terlalu banyak dan guru tidak mengetahuinya. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peroses pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri Unggul Dharmasraya belum sesuai Permendiknas No.41 tahun 2007 tentang standar proses pendidikan.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | biologi, kualitas pembelajaran |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 20 Dec 2025 16:03 |
| Last Modified: | 20 Dec 2025 16:03 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33057 |
