Mailina, Dwi (2017) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Pendekatan Open-ended Untuk Kelas IV SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_DWI_MAILINA_15124018_4665_2017.pdf [thumbnail of B1_01_DWI_MAILINA_15124018_4665_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_DWI_MAILINA_15124018_4665_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan bagian dari perangkat
pembelajaran yang berperan sebagai sarana pendukung pelaksanaan rencana pembelajaran. LKS dirancang dan digunakan dalam pembelajaran, bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan konsep, melatih siswa untuk menemukan dan mengembangkan keterampilan proses, sebagai pedoman guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran, serta membantu siswa dalam memperoleh informasi tentang konsep yang dipelajari melalui proses pembelajaran secara sistematis. LKS yang ditemukan di lapangan masih berupa isian dan soal tertutup, belum melatih siswa dalam berfikir kritis dan analisis, sehingga belum memenuhi tujuan dari diberikan mata pelajaran matematika di SD. Keadaan yang demikian memicu rendahnya aktivitas dan proses berfikir kreatif siswa dalam proses pembelajaran. Permasalahan di lapangan dapat
diselesaikan dengan menggunakan LKS berbasis pendekatan Open-ended untuk kelas IV yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang terdiri atas 3 tahap yaitu tahap investigasi awal (Preliminary research), tahap perencanaan prototype (prototyping phase), dan tahap penilaian (asessment phase). LKS yang di kembangkan di validasi oleh ahli di bidang bahasa, isi, dan konstruk. Kemudian LKS diujicobakan untuk melihat kepraktisan dan keefektifan dari LKS tersebut. Kepraktisan LKS dilihat dari
observasi pelaksanaan pembelajaran, angket respon siswa dan guru, keefektifan dilihat dari observasi aktivitas siswa dan hasil pemikiran kreatif siswa dalam menggunakan LKS jenis Aplikatif-integritif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis pendekatan Open-ended di kelas IV SD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, serta meningkatkan aktivitas siswa dan hasil
berfikir kritis dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 03:49 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 03:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3298 |