Rahmy, Azizah (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Standar Kompetensi Memahami Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan Kelas VIII SLTP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_AZIZAH_RAHMY_1204133_4747_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Biologi merupakan mata pelajaran yang banyak menuntut pemahaman konsep, pada pembelajaran biologi siswa banyak dihadapkan pada konsep-konsep yang bersifat abstrak. Untuk menyajikan konsep-konsep abstrak menjadi konkrit dan pembelajaran menjadi lebih bermakna serta mudah dipahami oleh siswa, salah satu caranya adalah menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Media berbasis komputer merupakan media yang dapat membantu siswa mengkonstruksikan pengetahuannya karena media ini digunakan siswa secara mandiri. Agar media ini bermanfaat, dipilih salah satu pendekatan pembelajaran yang menuntut keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran yaitu pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan pendekatan CTL pada standar kompetensi memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan kelas VIII SLTP serta mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas dari media tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model dan prosedur pengembangan menggunakan 4-D, yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi media berbasis komputer oleh dosen dan guru, angket praktikalitas,angket efektivitas berupa angket aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Media ini selanjutnya diuji coba terbatas di kelas VIII 1 MTsN Tanjung Emas Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer sangat valid, praktis dan efektif. Rata-rata validasi media 3,87, praktikalitas yang diamati ditinjau dari angket praktikalitas untuk guru 3,64 dan siswa 89,92. Media ini efektif dapat dilihat dari aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian adalah media pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan pendekatan CTL pada standar kompetensi memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan di kelas VIII SLTP dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Biologi |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:24 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 03:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32954 |
