Fitri, Dian (2011) Hubungan Antara Sikap Siswa terhadap Guru dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 7 Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DIAN FITRI_72511_2011.pdf
Download (650kB)
Abstract
Sikap merupakan posisi seseorang terhadap suatu obyek, situasi, konsep,orang lain maupun dirinya sendiri akibat hasil dari proses belajar maupunpengalaman di lapangan yang dinyatakan dengan persetujuan dan penolakan.Keadaan ini juga terjadi pada siswa-siswa yang menjalani proses belajar mengajardi sekolah. Salah satu faktor yang mempengaruhi perolehan prestasi belajar siswayakni sikap. Sikap positif terhadap guru sangat diperlukan agar siswa nantinyadapat lebih mudah dalam penguasaan materi pelajaran yang disampaikan olehguru. Kenyataannya, siswa sering menunjukkan sikap negatif terhadap guru yangmengakibatkan penolakan dari siswa untuk menerima materi pelajaran yangdisampaikan oleh guru. Sikap yang menjadi dasar teori penelitian ini adalah daripendapat yang dikemukakan oleh Prof.Dr. Bimo Walgito. Dalam penelitian inidiajukan hipotesis : Sikap siswa terhadap guru mempunyai hubungan denganprestasi belajar pada siswa di SMA Negeri 7 Kota Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yaitu untuk mengetahuiapakah terdapat hubungan antara sikap siswa terhadap guru dengan prestasibelajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa SMAN 7 Kota Padang yangberjumlah 991 orang siswa. Sampel penelitian ditarik dengan menggunakanteknik Proportional Random Sampling adalah siswa kelas I, II, dan III, yangberjumlah 100 orang siswa. Alat pengumpulan data menggunakan Skala Sikapyang berjumlah 30 butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan ujinormalitas dan linearitas serta uji korelasi Product Moment dari Karl Pearsonmenggunakan SPSS 15.0 for windows.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubugan positif yangsignifikan antara sikap siswa terhadap guru dengan prestasi belajar siswa di SMANegeri 7 Kota Padang. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis didapatkankoefisien korelasi r sebesar 0,233 dan p = 0,020 (p<0,05).Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran sebagai berikut : Sekolahdisarankan dapat merumuskan program pembentukan sikap positif terhadap siswamisalnya dengan cara menerapkan bimbingan kelompok. Guru disarankan untukmenampilkan sikap baik sebagai pendidik yang dapat ditiru sehingga pada siswadapat terbentuk sikap positif yang menyenangi guru dan menyukai pelajaran yangdiajarkan oleh guru. Bagi peneliti selanjutnya disarankan melanjutkan penelitianini untuk memperdalam dan memperluas masalah yang akan diteliti, misalnyasikap siswa terhadap manajemen sekolah baik di tingkat sekolah dasar, sekolahmenengah, dan perguruan tinggi.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | SIKAP SISWA, GURU, PRESTASI BELAJAR |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 03:17 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 03:18 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32953 |
