Pengembangan Multimedia Menggunakan Adobe Flash Cs6 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP

Sundapa, Avisha Putri (2022) Pengembangan Multimedia Menggunakan Adobe Flash Cs6 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_AVISHA-PUTRI-SUNDAPA_20177002_6090_2022.pdf] Text
final_3_AVISHA-PUTRI-SUNDAPA_20177002_6090_2022.pdf

Download (971kB)

Abstract

Pembelajaran pada abad 21 mengarahkan peserta didik dapat menguasai keterampilan 4C (kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif). Berdasarkan analisis masalah keterampilan berpikir kritis dan kreatif belum pernah dilatih. Sumber belajar di sekolah sebaiknya dapat membantu peserta didik dalam melatih keterampilan berpikir peserta didik. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran dapat mengembangkan proses berpikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia untuk materi sistem pernapasan dan sistem ekskresi manusia yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik Kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif. Menganalisis hubungan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan berpikir kreatif. Metode penelitian berupa pengembangan dengan model Plomp. Subjek penelitian peserta didik Kelas VIII SMPN 2 Pasaman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket observasi, lembar validasi produk, lembar praktikalitas guru dan peserta didik, serta soal evaluasi berdasarkan indikator berpikir kritis dan kreatif. Teknik analisis data validitas, praktikalitas menggunakan penskoran dengan skala likert dan efektivitas menggunakan uji-t. Analisis hubungan keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan berpikir kreatif menggunakan uji korelasi signifikansi regresi. Hasil pengembangan multimedia diperoleh produk yang sangat valid dengan nilai 82.63%. Praktikalitas guru dan peserta didik sangat praktis dengan nilai 94% dan 89%. Uji efektifitas multimedia ini efektif karena kelas eksperimen menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Terdapat 66.6% keterampilan berpikir kritis berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif. Dengan demikian multimedia menggunakan adobe flash cs6 dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Kritis dan Kreatif
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:26
Last Modified: 18 Dec 2025 01:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32930

Actions (login required)

View Item
View Item