Penerapan Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 3 Padang

A, Azhira (2013) Penerapan Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Sikap Ilmiah, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 3 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_AZHIRA_1104080_4160_2013.pdf] Text
final_3_AZHIRA_1104080_4160_2013.pdf

Download (676kB)

Abstract

Kondisi pembelajaran di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Padang selama ini telah menerapkan berbagai metode dan pendekatan, namun belum sesuai dengan karakteristik materi dan siswa. Pada umumnya Siswa masih menguasai materi dengan cara menghafal. Akibatnya, siswa cenderung kurang bergairah dan kurang aktif, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar, tingkat aktivitas, dan sikap ilmiah. Usaha yang dilakukan adalah menerapkan pembelajaran kooperatif Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), yang mampu meningkatkan aktivitas dan sikap ilmiah, karena siswa dituntut berpikir dan bertanggung jawab secara mandiri dan berkelompok dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas, sikap ilmiah, dan hasil belajar siswa pada kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Padang melalui penerapan model pembelajaran CIRC. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Padang, dan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Siklus dalam penelitian ini terdiri atas perencanaan (planning), penerapan (action), pemantauan (observation), dan melakukan refleksi (reflection). Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Rata-rata aktivitas saat pemberian materi pelajaran, saat diskusi kelompok, dan saat presentasi, meningkat dari prasiklus dengan kategori rendah (30,33%), meningkat pada siklus I menjadi kategori cukup (44,33%), dan siklus II menjadi tinggi (63,33%). Sikap ilmiah meningkat dengan rata-rata pada prasiklus berada pada kategori kurang baik (8,23), menjadi cukup baik (14,06) pada siklus I, dan meningkat sehingga tergolong pada kategori baik (22,72) pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat, yaitu pada prasiklus, tidak ada siswa yang nilainya mencapai KKM. Pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 65,63%, dan pada siklus II juga meningkat, sehingga 87,50% siswa mampu mencapai KKM. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif CIRC dapat meningkatkan aktivitas, sikap ilmiah, dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Padang.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Biologi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:25
Last Modified: 18 Dec 2025 01:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/32929

Actions (login required)

View Item
View Item